Kamis, 13 Februari 2014

dari perempuan ke satu , ke dua , ke tiga



LOVE. LIVE

baru kemarin nulis tentang air kelapa
belum sempet ke bapak yang jualan air kelapa
eh papah pulang bawa air kelapa , padahal gak sama sekali bilang sama dia kalo lagi mau air kelapa. :)

Semakin dewasa (baca semakin tua) justru kenangan kita waktu kecil makin tajam di ingat kembali.
dari kemarin demam , yah dari kecil emang sering sakit . dan tadi setelah lari sore dan bawa sebotol besar air mineral ingatannya kembali sama nenek. dari kecil kalo demam nenenk suka kasih air putih yang sudah di doain sama dia , di taro di depannya kemudian dia membaca al quran abis itu di minumin ke cucunya . Kmrin akhirnya nyempetin kerumah nenek sebentar, karena menyugestikan diri ini pasti sakit karena belum juga ke rumah nenek .. biasalah ketemu nenek di ciumin gak abis abis, di doain gak abis abis yah terakhir di tanya gak abis abis :/ . biasanya kalo sakit terus ketemu nenek , sakitnya pergi tapi ini blum juga pergi sampai hari kedua .. tadi makanya lari biar demamnya pergi , pergi yang jauh sekali.

dari kecil sering sakit , dan entah kenapa kalo sakit pasti minta nginep di rumah nenek. inget banget waktu masih kecil abis operasi amandel pulang dari rumah sakit minta pulangnya ke rumah nenek . mungkin sama nenek lebih nyaman, nenek lebih lemah lembut, dulu waktu kecil belum ada AC di rumah nenek . kalo mau bobo nenek sering ngipasin sampe aku ketiduran , sampe dia kelelahan dan kalo aku kebangun dia langsung sigap lagi . masi ingat betul rambutnya yang panjang sering di gerai kalo tidur, persis kaya aku sekarang :)

kelas 5 SD fix ke rumah nenek dan sekolah disana , tinggal sama nenek , di ajarin sholat , pulang sekolah makan terus harus ikut sekolah madrasah. nenek perempuan betawi yang taat sekali , yang apa apa di doain. setiap subuh di bangunin , itu nyiksa sekali pada jaman itu . subuh bangun ambil air wudhu , dan sholat subuh berjamaah . yang selalu jadi imam itu nenek , kakek sholat subuh di masjid . sampai kadang kadang sholat dzuhur pun dia nunggu cucunya yang ini pulang sekolah baru dia sholat masih membekas sekali senyum dia kalo lait aku pulang sekolah. ah nenek , kebetulan di rumah gak pernah di ajarin sholat :) mamah papah belum taat kaya sekarang ..

semua  tentang Allah dapet dari nenek,hafalan doa qunut. hafalan doa tahajud,doa buka puasa  . nenek itu bangun jam 3 dini hari setiap hari begitu terus.   aduh dia sedih sekali kalo ngeliat aku pake celana pendek, ngomong panjang lebar bahasanya kadang metafora , gak langsung bilang dosa atau haram .. aduh nenek maaf cucunya lari jauh sekali sekarang terlampau jauh sama didikan nenek .

kata kebanyakan orang aku cucu kesayangan , tapi mungkin iya kaya waktu aku di rampok di jalan raya . keesokan harinya dia langsung kerumah memastikan cucunya baik baik aja, dari dulu kalo aku sakit dia yang paling khawatir dan ngerebus daun-daunan yang entah apa itu . karena cucu kesayangan  sering ada dialog gini kalo aku lama gak jenguk nenek " neneknya nangis terus tuh karena gak di jenguk cucunya "
" dulu kecilnya di urus nenek , skarang neneknya sakit urusin tuh " . mamah jago banget tuh bikin merasa bersalah , bikin merasa cucu paling durhaka sedunia.

nenek bukan cuma itu sih , dia idola. rasa memaafkannnya besar sekali . oh mungkin hatinya memang sebesar itu , pernah nganter nenek langsung ngedatengin orang yang bikin dia kecewa. ngeliat dia sekarang ngerawat kakek yang lumpuh , ih anak2nya belum tentu tuh bisa kaya gtu APALAGI CUCUNYA :/
tapi pernah waktu sakit nenek nginep sini seminggu , tidur di kamar . seminggu itu gak pake AC dan bau minyak angin  itu nyiksa tapi surga . surga karena sampingnya nenek ..

kata mamah aku copyannya nenek , sifatnya, seleranya hampir semuanya . pantesan mamah sering ribut kecil sama nenek , sama kaya aku sering ribut kecil sama dia. tapi mamah sama nenek emang beda , nenek itu bukan kaya temen . mamah lebih kaya temen perempuan yang bisa ngobrol panjang. nenek itu aduh apa yah , nenek inspirasi :)

nah kira kira nanti cucu perempuan aku , segitunya gak mengidolakan neneknya :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar